Manajemen adalah proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
BEBERAPA
DEFINISI MANAJEMEN
•
GIBSON : Adalah proses yg dilakukan oleh satu atau lebih individu
utk mengkoordinasikan berbagai
aktivitas lain untuk mencapai hasil-hasil yg tidak bisa dicapai apabila satu
individu bertindak sendiri.
•
MARY
P.FOLLETT :
Sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan (“the art of getting things done
through people”).
•
STONER
: Proses
POSDC dari usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber
daya lainnya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
•
ROBBINS
: adalah
proses mengkoordinasi dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar
diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain.
PRINSIP UMUM MANAJEMEN :
-
Wewenang dan Tanggung Jawab : Tiap pegawai tetap sebaiknya diberi delegasi wewenang yang cukup untuk melaksanakan berbagai tanggung jawab penugasan pekerjaan.
Disiplin. Karyawan seharusnya mematuhi apapun perjnjian yang ada, yang dinyatakan secara jelas diantara mereka dan organisasi; manajer sebaiknya memberi sangsi yang adil atas seluruh kejadian pelanggaran disiplin.
Kesatuan Perintah : Karyawan sebaiknya menerima perintah dari dan tanggung jawab hanya kepada satu atasan.
Kesatuan Arah : Aktivitas-aktivitas yang memiliki tujuan sama sebaiknya dikelompokkan bersama dan beroperasi di bawah rencana yang sama.
Kepentingan Umum : Mengutamakan kepentingan organisasi dari pada kpentingan individu.
Penggajian Karyawan : Pembayaran seharusnya didasarkan pada pecapaian sasaran penugasan pekerjaan.
Pemusatan / Sentralisasi : Wewenang seharusnya didelegasikan seimbang dengan tanggung jawab.
Herarkhi / Garis Kewenangan : Sebuah rantai perintah yang tak putus-putusnya seharusnya ada melalui semua pengarahan dan aliran komunikasi.
Ketertiban / Perintah : Setiap pekerjaan sebaiknya didefinisikan degan jelas sehingga pegawai tetap memahami perintah tersebut dan hubungannya dengan pekerjaan lain.
Keadilan dan Sikap : Peraturan dan perjanjian yang dibuat diselenggarakan secara cukup terbuka.
Stabilisasi Staf Organisasi : Karyawan seharusnya didorong untuk mengembangkan loyalitas kepada organisasi dan membuat komitmen jangka panjang.
Prakarsa (Inisiatif) : Karyawan sebaiknya didorong untuk berani membuat keputusan di dalam batas-batas wewenang yang didelegasikan dan pekerjaan yang didefinisikan.
Semangat Korps : Karyawan sebaiknya didorong untuk mendefinisikan kepentingannya dengan kepentingan organisasi dan dengan demikian mencapai kesatuan usaha
FUNGSI
MANAJEMEN
Fungsi
: Uraian tugas pokok
Tugas
pokok manajemen, menurut George R. Terry :
- Planning (Perencanaan)
- Organizing (Pengorganisasian)
- Actuating (Penggerakan)
- Controlling Pengawasan)
Menurut
Louis Allen :
1. Leading
2.
Planning
3.
Organizing
4. Controlling
Menurut
Harold Koontz & Cyril O’Donnel :
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
- Controlling
Dsb.
Menurut pakar lainnya
1. Pendekatan empiris mempelajari manajemen dgn cara menganalisis
2. Pendekatan perilaku interpersonal sejenis pendekatan perilaku yang berorientasi pada ilmu jiwa
3. Pendekatan perilaku kelompok pendekatan manajemen yg dilakukan dgn mempelajari dari
4. Pendekatan sistem sosial kerjasama pendekatan ini menganggap dgn sistem sosial kerjasama
5. Pendekatan teori keputusan lebih menekankan dengan memilih alternatif tindakan yang
6. Pendekatan sistem adalah suatu pendekatan yg memandang suatu organisasi sebagai sistem yang telah dipersatukan yg terdiri atas bagian-bagian yang saling berkaitan.
SUMBER : AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN JAKARTA
PENDEKATAN-PENDEKATAN MANAJEMEN
1. Pendekatan empiris mempelajari manajemen dgn cara menganalisis
pengalaman2 atau kejadian-kejadian yang telah lalu.
2. Pendekatan perilaku interpersonal sejenis pendekatan perilaku yang berorientasi pada ilmu jiwa
perorangan.
3. Pendekatan perilaku kelompok pendekatan manajemen yg dilakukan dgn mempelajari dari
segi pola
perilaku dalam kelompok.
4. Pendekatan sistem sosial kerjasama pendekatan ini menganggap dgn sistem sosial kerjasama
manajemen
akan lebih berhasil karena manusia pada dasarnya
ingin kerjasama.
5. Pendekatan teori keputusan lebih menekankan dengan memilih alternatif tindakan yang
terbaik
dgn memperhatikan aspek psikologikal sosiologikal.
6. Pendekatan sistem adalah suatu pendekatan yg memandang suatu organisasi sebagai sistem yang telah dipersatukan yg terdiri atas bagian-bagian yang saling berkaitan.
7. Pendekatan ilmu manajemen pendekatan ilmu manajemen
sebagaimana ilmu yg lain dalam
menyelesaikan
masalah melalui proses matematik, konsep2,simbol2, dan model2. Konsep yg
terkenal dan banyak dipakai dalam adalah konsep operation research.
8. Pendekatan kontingensi sejenis pendekatan yg
disesuaikan dgn situasi dan kondisinya.
karena metode2
yg efektif belum tentu berlaku pada situasi yg berlainan.
9. Pendekatan peran manajerial adalah suatu jenis
pendekatan yg dilakukan dgn mempelajari
peran-peran manajer.
10. Pendekatan 7 s dari mc kenseg
a.
Strategi = kiat-kiat
b.
Struktur = hirarki
c.
Sistem = kumpulan sub-sub
sistem
d. Style = gaya kepemimpinan
e. Staf = dgn struktur yg ada mendukung
/ tidak
f. Share
value = nilai tambah yg diperoleh
g. Skill = kemampuan yg dimiliki
11. Pendekatan kultur ( hampir sama dgn pendekatan
kontingensi). Tapi lebih menekankan pada kultur / budaya setempat.
SUMBER : AKADEMI PIMPINAN PERUSAHAAN JAKARTA
mantap...manfaat bnget ini om admin.. lanjutakan postingan-postingan nya
BalasHapus