Rabu, 17 April 2013

teori-teori lahirnya kepemimpinan

Dalam lahirnya kepemimpinan ada yang mendasari lahirnya kepemimpinan tersebut, ada beberapa teori kepemimpinan :

1. Teori Kelebihan Teori ini beranggapan bahwa seseorang akan menjadi pemimpin apabila ia memiliki kelebihan dari para pengikutnya. Pada dasarnya kelebihan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin mencakup tiga hal yaitu:

 a. Kelebihan ratio, adalah kelebihan dalam menggunakan pikiran, kelebihan dalam pengetahuan tentang hakikat tujuan dari organisasi, dan kelebihan dalam memiliki pengetahuan tentang cara menggerakkan organisasi, serta dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

 b. Kelebihan rohaniah, berarti seorang pemimpin harus mampu menunjukkan keluhuran budi pekertinya kepada bawahannya dan seorang pemimpin harus mempunyai moral yang tinggi karena dasarnya pemimpin merupakan panutan bagi para pengikutnya.

c. Kelebihan badaniyah, berarti seorang pemimpin hendaknya memiliki kesehatan badaniyah yang lebih dari para pengikutnya sehingga memungkinkan untuk bertindak cepat.  

 2. Teori Sifat Pada dasarnya teori sifat sama dengan teori kelebihan, teori ini menyatakan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik apabila memiliki sifat-sifat yang lebih daripada yang dipimpin. Hendaknya pemimpin memiliki sifat-sifat positif sehingga para pengikutnya menjadi pengikut yang baik.

 3. Teori Keturunan Teori keturunan disebut juga teori pembawaan lahir ada juga yang menyebutnya teori genetis. Menurut teori keturunan, seseorang dapat menjadi pemimpin adalah karena keturunan atau warisan.

 4. Teori Kharismatis Menyatakan bahwa seorang menjadi pemimpin karena orang tersebut mempunyai kharisma (pengaruh) yang sangat besar. Kharisma itu diperoleh dari kekuatan Yang Maha Kuasa. Pemimpin yang bertipe kharismatis biasanya memiliki daya tarik, kewibawaan dan pengaruh yang sangat besar.

 5. Teori Bakat Teori bakat disebut pula teori ekologis, yang berpendapat bahwa pemimpin itu lahir karena bakatnya.

6. Teori Sosial Beranggapan bahwa pada dasarnya setiap orang dapat menjadi pemimpin, setiap orang mempunyai bakat untuk menjadi pemimpin asal dia diberi kesempatan.

1 komentar: